Beranda · Seni · Info · Alam · Tips

Tujuh Danau Terindah di Indonesia

Indonesia memang negara yang sangat luas dengan berbagai mana suku,agama, dan budaya. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki beragam keindahan alam yang cukup membuat Anda terkagum-kagum. Boleh dikata, Indonesia layaknya surga dengan berbagai keindahan alamnya. Berikut Tujuh Danau Terindah di Indonesia versi Info Tujuh.

7. Danau Poso, Provinsi Sulawesi Tengah
Danau Poso - Info Tujuh
Danau Poso
Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga setelah Danau Toba dan Danau Singkarak. Danau Poso memiliki keindahan yang unik. Di Danau Poso, Anda dapat melihat hamparan pasir putih sebagaimana pasir putih yang ada di pantai. Airnya yang sangat jernih dan di kelilingi hutan yang asri nampak memberikan kesejukan kepada setiap yang datang. Keunikan lainnya, air danau nampak berbeda antara tepi dan tengah danau. Di tepi berwarna berwarna hijau sedangkan di tengah berwarna biru. 

6. Danau Maninjau, Provinsi Sumatera Barat
Danau Maninjau - Info Tujuh
Danau Maninjau
Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Air Danau Maninjau berwarna biru dan di sekelilingnya banyak sekali perbukitan. Bermacam-macam aktivitas dapat kita lakukan seperti memancing, menikmati pesona danau dari puncak lawang, dan berperahu. Menurut legenda setempat, cekungan danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Sitinjau. Keindahan danau ini juga dituangkan dalam sebuah kisah legenda yakni “Bujang Sembilan”. Suasana di sekitar Danau Maninjau ini diliputi keheningan yang akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi mereka yang berkunjung ke sini.

5. Danau Singkarak, Provinsi Sumatera Barat
Danau Singkarak - Info Tujuh
Danau Singkarak
Danau yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba. Danau Singkarak terbentuk oleh aktivitas tektonik. Airnya sangat jernih. Di sekitarnya di kelilingi oleh deretan Bukit Barisan. Selain terkenal karena keindahannya, Danau Singkarak juga terkenal dengan ikan Bilih-nya. Ikan bilih merupakan spesies ikan yang hanya terdapat di Danau Singkarak. Bahkan ikan ini tidak dapat hidup di tempat lain selain di Danau Singkarak. Anda dapat menikmati keindahan Danau Singkarak dengan menaiki sampan, perahu motor, ataupun becak danau. Di Danau Singkarak ini pun kerap diadakan lomba dayung.

4. Labuan Cermin, Provinsi Kalimantan Timur
Danau Labuan Cermin - Info Tujuh
Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sesuai namanya, Labuan Cermin memiliki permukaan air berwarna biru yang jernih bagaikan cermin. Begitu jernihnya air Danau Labuan Cermin sehingga kita dapat melihat batu-batu karang di dasar danau. Danau ini memiliki keunikan yaitu air dengan dua citra rasa, tawar di permukaan dan asin di bagian bawah. Di bagian atas yang tawar, hidup ikan-ikan air tawar sedangkan di bagian air yang asin dihuni habitat laut.

3. Danau Sentani, Provinsi Papua
Danau Sentani - Info Tujuh
Danau Sentani
Danau terbesar di Papua ini terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau Sentani memilki 22 pulau kecil yang sangat indah yang dihuni oleh Suku Sentani. Danau Sentani ini dihiasi dengan 21 buah pulau kecil. Kawasan Danau Sentani ini juga memiliki keanekaragaman biota laut dan hewan endemik Papua. Salah satunya adalah hiu gergaji atau hiu sentani, ikan gabus danau sentani, dan ikan pelangi merah. Berada di dekat gunung Cycloops membuat hawa Danau Sentani begitu sejuk.

2. Danau Tiga Warna, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Danau Tiga Warna - Info Tujuh
Danau Tiga Warna
Danau Tiga Warna biasa juga disebut sebagai Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketiga danau ini dikelilingi hutan dengan tumbuhan khas Flores seperti marga casuarina, redwood, dan bunga edelweiss. Warna danau selalu berubah-ubah akibat perubahan molekul-molekul gas seperti ferum, natrium oksida dan lain-lain. Di sekitar danau ini setidaknya hidup 19 habitat burung langka yang terancam punah seperti punai flores, burung hantu wallacea, sikatan rimba-ayun, kancilan flores, dan lain-lain.

1. Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara
Danau Toba - Info Tujuh
Danau Toba
Danau yang terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara ini terbentuk akbibat letusan gunung berapi yang luar biasa besar. Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang begitu mempesona dengan hamparan air berwarna biru dan dikelilingi bukit landai berwarna hijau. Di tengah-tengah danau terdapat pulau yang sangat indah bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir luasnya hampir sama dengan luas negara Singapura. Di Danau Toba, Anda dapat menikmati hamparan air yang jernih, pemandangan gunung-gunung yang indah, dan juga hawa yang sejuk.

Demikian Tujuh Danau Terindah di Indonesia versi Info Tujuh. Apabila Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya berkunjung ke salah satu danau tersebut. Kekayaan alam Indonesia yang banyak, bukan? Maka bersyukurlah kita berada di Negara yang Indah ini.

Info Tujuh lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tujuh Danau Terindah di Indonesia"

Posting Komentar